PEMBELAJARAN HOSPITALITY MELALUI PROGRAM GAMIFIKASI PADA CALON HOTELIER (MAHASISWA PERHOTELAN UDINUS)
Keywords:
Gamifikasi, Hospitality, QuizizzAbstract
Media pembelajaran modern menjadi tuntutan pada era 4.0. Salah satu media pembelajaran kontemporer adalah quizizz web tool. Melalui quizizz, tenaga pengajar dapat melakukan kegiatan belajar yang jauh lebih seru. Istilah penggunaan game dalam pembelajaran disebut gamifikasi. Sebanyak 34 mahasiswa perhotelan UDINUS menggelar uji coba penggunaan media pembelajaran ini. Dengan metode deskriptif kuantitatif dan pendampingan dokumentasi, data terkait tingkat keberhasilan pembelajaran gamifikasi menggunakan quizizz akan dikumpulkan dan diolah. Dalam proses pembelajaran, masalah dapat terjadi dari suatu system error atau human error, dosen dapat mencegah kedua faktor tersebut di masa depan. Namun, hasil hanya 65% dari hasil belajar mendasari perlunya evaluasi berkala untuk penggunaan alat web quizizz di masa mendatang. Selain itu, faktor pendukung lainnya harus disiapkan untuk menerapkan metode pembelajaran melalui quizizz dengan sempurna.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Joseph Aldo Irawan, Emik Rahayu, Izza Ulumuddin Ahmad Asshofi, Haryadi Darmawan (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.