PEMBELAJARAN HOSPITALITY MELALUI PROGRAM GAMIFIKASI PADA CALON HOTELIER (MAHASISWA PERHOTELAN UDINUS)

Authors

  • Joseph Aldo Irawan Politeknik Pariwisata Prima Internasional Author
  • Emik Rahayu Universitas Dian Nuswantoro Author
  • Izza Ulumuddin Ahmad Asshofi Universitas Dian Nuswantoro Author
  • Haryadi Darmawan Politeknik Pariwisata NHI Bandung Author

Keywords:

Gamifikasi, Hospitality, Quizizz

Abstract

Media pembelajaran modern menjadi tuntutan pada era 4.0. Salah satu media pembelajaran kontemporer adalah quizizz web tool. Melalui quizizz, tenaga pengajar dapat melakukan kegiatan belajar yang jauh lebih seru. Istilah penggunaan game dalam pembelajaran disebut gamifikasi. Sebanyak 34 mahasiswa perhotelan UDINUS menggelar uji coba penggunaan media pembelajaran ini. Dengan metode deskriptif kuantitatif dan pendampingan dokumentasi, data terkait tingkat keberhasilan pembelajaran gamifikasi menggunakan quizizz akan dikumpulkan dan diolah. Dalam proses pembelajaran, masalah dapat terjadi dari suatu system error atau human error, dosen dapat mencegah kedua faktor tersebut di masa depan. Namun, hasil hanya 65% dari hasil belajar mendasari perlunya evaluasi berkala untuk penggunaan alat web quizizz di masa mendatang. Selain itu, faktor pendukung lainnya harus disiapkan untuk menerapkan metode pembelajaran melalui quizizz dengan sempurna.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-22

Issue

Section

Articles

How to Cite

PEMBELAJARAN HOSPITALITY MELALUI PROGRAM GAMIFIKASI PADA CALON HOTELIER (MAHASISWA PERHOTELAN UDINUS). (2024). Jurnal Pariwisata Prima, 1(2), 27-39. https://journal.poltekparprima.ac.id/index.php/utama/article/view/11

Most read articles by the same author(s)