STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA HALAL LOMBOK : PELUANG, TANTANGAN, NILAI KOMPETITIF YANG DIMILIKI

Authors

  • Revina Amanda Putri Politeknik Pariwisata NHI Bandung Author
  • Aisyah Amirah Yasmin Politeknik Pariwisata NHI Bandung Author
  • M. Hiqmah Ameirindo Politeknik Pariwisata NHI Bandung Author
  • Anggia Quamella Hanovi Politeknik Pariwisata NHI Bandung Author
  • Ida Erlinda Politeknik Pariwisata NHI Bandung Author
  • Adhi Setya Putra Politeknik Pariwisata NHI Bandung Author
  • Acep Unang Rahayu Politeknik Pariwisata NHI Bandung Author
  • Sukmadi Politeknik Pariwisata NHI Bandung Author
  • Haryadi Darmawan Politeknik Pariwisata NHI Bandung Author

Keywords:

Pariwisata, Pariwisata Halal, Pengembangan Pariwisata

Abstract

Konsep pariwisata Halal dapat diterapkan pada berbagai lokasi. Indonesia sebagai negara yang memiliki penduduk bermayoritas menganut agama islam, menjadi lokasi yang memenuhi syarat utamanya. Melalui pariwisata, Indonesia dikenal oleh seluruh dunia. Kebutuhan pariwisata yang beraneka ragam memunculkan konsep pariwisata baru. Salah satunya adalah konsep pariwisata ramah muslim. Pada Indonesia, konsep ini diterapkan khususnya di daerah Lombok. Penerapannya di Lombok didukung dengan perkembangan pariwisata yang berkelanjutan serta dukungan pemerintah didalamnya. Dengan metode kualitatif, peneliti menjalankan rangkaian kegiatan dan memaparkan hasil temuan baik dalam bentuk data maupun naratif. Pengumpulan data dilaksanakan baik untuk data primer maupun sekunder dibantu dengan proses dokumentasi dan dioleh dengan teknik triangulasi data. Temuan pada beberapa lokus dilihat dari berbagai sudut pandang yang menghasilkan kesimpulan berupa peluang dan tantangan. Peluang dan tatangan ini dapat dijadikan sebagai dasar penilaian mandiri guna mempersiapkan Lombok dalam persaingan yang lebih besar baik menghadapi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-21

Issue

Section

Articles

How to Cite

STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA HALAL LOMBOK : PELUANG, TANTANGAN, NILAI KOMPETITIF YANG DIMILIKI. (2024). Jurnal Pariwisata Prima, 1(2), 1-14. https://journal.poltekparprima.ac.id/index.php/utama/article/view/9

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)