PELUANG OBYEK DAN DAYA TARIK PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT DI DESA MANIS KIDULKECAMATAN JALAKSANA-KUNINGAN

Authors

  • Peri Puarag Politeknik Pariwisata Prima Internasional Author
  • Toni Ari Wibowo Politeknik Pariwisata Prima Interasional Author

Abstract

Desa Manis kidul terdiri dari lima (5) dusun yang terdapak di Kecamatan Jalaksana kabupaten Kuningan, dimana memiliki potensi obyek dan daya tarik wisata yang dapat menjadi peluang dalam kegiatan pariwisata dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk potensi obyek dan daya tarik wisata yang dapat dijadikan sebagai peluang desa Manis Kidul menjadi desa wisata di kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan.  Selain itu juga untuk mengetahui profil sosial, ekonomi dan budaya di desa Manis Kidul dalam menggali potensi yang terdapat dimasyarakat.

Penelitian ini akan menghasilkan potensi-potensi obyek dan daya tarik wisata yang terdapat di desa Manis Kidul melalui observasi, wawancara termasuk juga akan menghasilkan profil sosial, ekonomi dan budaya masyarakat desa Manis Kidul melalui studi dokumentasi dan wawancara. Kegiatan wawancara untuk mempeproleh data dilakukan dengan kepada desa (Kuwu) Manis Kidul, tokoh masyarakat serta masyarakat yang ada di Mannis kidul yang telah ditentukan oleh peneliti. Hasil observasi, wawancara dan dokumentasi akan dianalisis dengan SWOT analisis untuk melihat peluang pariwisata yang terdapat di desa Manis Kidul berdasarkan attraction (daya tarik), accesable (sistem dicapai), amenities (fasilitas), ancillary (lembaga pariwisata) dan akan dideskriptifkan secara kualitatif peluang pariwisata yang dapat dikembangkan di desa Manis Kidul.

Peluang-peluang pariwisata yang terdapat di desa Manis Kidul diharapakan dapt berkontribusi terhadap pemberdayaan masyarakat sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa Manis Kidul dan juga sebagai pendukung pariwisata berbasis masyarakat (community based tourism/CBT) bagi kabupaten Kuningan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Peri Puarag, Politeknik Pariwisata Prima Internasional

    Dosen D3 Perhotelan

  • Toni Ari Wibowo, Politeknik Pariwisata Prima Interasional

    Dosen D4 Pengelolaan Perhotelan

Downloads

Published

2023-09-18

Issue

Section

Articles

How to Cite

PELUANG OBYEK DAN DAYA TARIK PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT DI DESA MANIS KIDULKECAMATAN JALAKSANA-KUNINGAN. (2023). Jurnal Pariwisata Prima, 1(1), 32-43. https://journal.poltekparprima.ac.id/index.php/utama/article/view/4

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>