STRATEGI PEMASARAN GUBUG DESA CAFE & RESTO  DI CIAMPEL KABUPATEN BREBES

Authors

  • Dian Fitriyana Politeknik Pariwisata Prima Interasional Author

Abstract

Dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh penulis ingin mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang digunakan, jenis pemasaran yang digunakan oleh Gubug Desa Café & Resto berdasarkan observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan dan pelanggan. Sampel dalam penelitian ini adalah manajer dan pemasaran. Menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

               Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang digunakan dan jenis pemasaran apa yang digunakan oleh Gubug Desa Café & Resto untuk dapat mempertahankan usahanya di era maraknya pesaing bisnis kedai kopi dengan menggunakan analisis SWOT.

               Hasil penelitian menunjukkan (1) Gubug Desa Café & Resto menggunakan online atau internet marketing dan branding, (2) Strategi yang digunakan Gubug Desa Café & Resto dengan menetapkan harga yang dapat dijangkau oleh kalangan menengah ke bawah dan menengah ke atas, (3) Kendala yang dihadapi dalam menerapkan strategi pemasaran online atau internet adalah belum adanya layanan pesan antar khusus untuk mengantarkan pesanan makanan dan minuman. Saran peneliti adalah menambah jenis pemasaran seperti iklan siaran radio, jenis pemasaran pemasaran kehumasan, mengadakan banyak promosi diskon yang dapat menarik pelanggan untuk datang, menggunakan point of purchase, menjalin kerjasama dengan ojek atau menambah karyawan khusus untuk pengiriman .

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Dian Fitriyana, Politeknik Pariwisata Prima Interasional

    Dosen D4 Pengelolaan Konvensi dan Acara

Downloads

Published

2023-09-18

Issue

Section

Articles

How to Cite

STRATEGI PEMASARAN GUBUG DESA CAFE & RESTO  DI CIAMPEL KABUPATEN BREBES. (2023). Jurnal Pariwisata Prima, 1(1), 20-31. https://journal.poltekparprima.ac.id/index.php/utama/article/view/3

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>