KEARIFAN LOKAL ‘TATALI PARANTI KARUHUN ‘SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI KAMPUNG ADAT SIRNARESMI KECAMATAN CISOLOK KABUPATEN SUKABUMI

Authors

  • Fitriatunnisa Shabrina Politeknik Pariwisata Prima Interasional Author

Keywords:

kampung adat, data tarik

Abstract

Kampung Adat Sirnaresmi terdapat di Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi, dimana memiliki potensi obyek dan daya tarik wisata yang dapat menjadi peluang dalam kegiatan pariwisata dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari lebih lanjut tentang tradisi Tatali Paranti Karuhun dan mengidentifikasi kegiatan apa saja yang membuat Kearifan lokal di Kampung adat Sirnaresmi menjadi sebuah daya tarik wisata  Selain itu juga untuk mengetahui profil sosial, ekonomi dan budaya di Kampung Adat Sirnaresmi dalam menggali potensi yang terdapat dimasyarakat.

Penelitian ini akan menghasilkan potensi-potensi obyek dan daya tarik wisata yang terdapat di Kampung Adat Sirnaresmi melalui observasi dan survey, wawancara termasuk juga akan menghasilkan profil sosial, ekonomi dan budaya masyarakat Kampung Adat Sirnaresmi melalui studi dokumentasi dan wawancara. Kegiatan wawancara untuk mempeproleh data dilakukan dengan sesepuh adat (Abah Gede) Kampung Adat, tokoh masyarakat serta masyarakat yang ada di Kampung Adat yang telah ditentukan oleh peneliti berdasarkan purposive random sampling. Hasil observasi, wawancara dan dokumentasi akan dianalisis dengan analisis kualitatif deskriptif.  untuk melihat peluang pariwisata yang terdapat di Kampung Adat Sirnaresmi berdasarkan faktor pendorong dilihat dari aspek fisik, sosial, bidaya dan arsitektur bangunan. Serta atraksi apa saja yang sudah berjalan di kapung adat sirnaresmi.

Peluang-peluang pariwisata yang terdapat di Kampung Adat Sirnaresmi diharapakan dapat berkontribusi terhadap pemberdayaan masyarakat sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kampung Adat Sirnaresmi dan juga sebagai pendukung pariwisata berbasis masyarakat (community based tourism/CBT) bagi kabupaten Sukabumi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Fitriatunnisa Shabrina, Politeknik Pariwisata Prima Interasional

    Dosen D4 Pengelolaan Konvensi dan Acara

Downloads

Published

2023-09-19

Issue

Section

Articles

How to Cite

KEARIFAN LOKAL ‘TATALI PARANTI KARUHUN ‘SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI KAMPUNG ADAT SIRNARESMI KECAMATAN CISOLOK KABUPATEN SUKABUMI. (2023). Jurnal Pariwisata Prima, 1(1), 44-63. https://journal.poltekparprima.ac.id/index.php/utama/article/view/8

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>