Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Di Malaika Wedding Planner
Keywords:
Promosi, Media Sosial, TikTok, Keputusan Pembelian, Wedding PlannerAbstract
Tingkat persaingan yang ketat pada usaha jasa wedding organizer di Bali memotivasi perusahaan seperti Malaika Wedding Planner untuk memanfaatkan media sosial sebagai alat branding dan pemasaran. Pada tahun 2021, Malaika Wedding Planner memperluas jangkauannya dari Instagram dan Facebook ke TikTok untuk menghasilkan konten yang lebih menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana promosi melalui TikTok mempengaruhi keputusan pembelian jasa di Malaika Wedding Planner, dengan fokus pada dimensi context, communication, collaboration dan connection, serta faktor-faktor keputusan pembelian. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling, melibatkan 52 responden yang pernah menggunakan jasa Malaika Wedding Planner. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert dan diolah menggunakan SPSS versi 26 dengan teknik regresi linear sederhana, uji determinasi, dan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa promosi TikTok mempengaruhi 46,9% keputusan pembelian, 53,1% yang tersisa dipengaruhi oleh aspek lain yang tidak termasuk dalam penelitian. Hasil t hitung sebesar 6,644 melampaui nilai t tabel (2,009) dan p-value 0,000, menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Made Hellen Sanjaya, Luh Putu Citrawati, Ni Kadek Swandewi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.