Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Di Malaika Wedding Planner

Authors

  • Ni Made Hellen Sanjaya Politeknik Pariwisata Bali Author
  • Luh Putu Citrawati Politeknik Pariwisata Bali Author
  • Ni Kadek Swandewi Politeknik Pariwisata Bali Author

Keywords:

Promosi, Media Sosial, TikTok, Keputusan Pembelian, Wedding Planner

Abstract

Tingkat persaingan yang ketat pada usaha jasa wedding organizer di Bali memotivasi perusahaan seperti Malaika Wedding Planner untuk memanfaatkan media sosial sebagai alat branding dan pemasaran. Pada tahun 2021, Malaika Wedding Planner memperluas jangkauannya dari Instagram dan Facebook ke TikTok untuk menghasilkan konten yang lebih menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana promosi melalui TikTok mempengaruhi keputusan pembelian jasa di Malaika Wedding Planner, dengan fokus pada dimensi context, communication, collaboration dan connection, serta faktor-faktor keputusan pembelian. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling, melibatkan 52 responden yang pernah menggunakan jasa Malaika Wedding Planner. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert dan diolah menggunakan SPSS versi 26 dengan teknik regresi linear sederhana, uji determinasi, dan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa promosi TikTok mempengaruhi 46,9% keputusan pembelian, 53,1% yang tersisa dipengaruhi oleh aspek lain yang tidak termasuk dalam penelitian. Hasil t hitung sebesar 6,644 melampaui nilai t tabel (2,009) dan p-value 0,000, menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-26

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Di Malaika Wedding Planner. (2024). Jurnal Pariwisata Prima, 2(2), 36-47. https://journal.poltekparprima.ac.id/index.php/utama/article/view/30

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>